Selasa, 12 November 2013

Kompasiana dan KickStarter (Tugas Softskill)

Apa itu Kompasiana
Kompasiana adalah blog jurnalis kompas yang bertransformasi menjadi media warga (citizen media). Di sini setiap orang  dapat mewartakan peristiwa, menyampaikan perndapat dan gagasan serta menyalurkan aspirasi berupa saran maupun kritik dalam bentuk tulisan, gambar ataupun rekaman audio dan video.

Sejarah Kompasiana
Nama Kompasiana diusulkan oleh Budiarto Shambazy, wartawan senior Kompas yang biasa menulis kolom "Politika". Nama ini pernah digunakan untuk kolom khusus yang dibuat pendiri Harian Kompas, PK Ojong, berisi tulisan tajam mengenai situasi mutahir pada masanya. Kumpulan rubrik Kompasiana yang ditulis PK Ojong itu sendiri sudah dibukukan.
Ide pendirian Kompasiana berangkat dari dari fakta tidak semua jurnalis akrab dengan blog. Jangankan punya, membaca blog orang barangkali belum pernah. Jadi, merupakan langkah maju dan terobosan tak terduga manakala sejumlah jurnalis Kompas menyatakan diri ingin menjadi bagian dari Kompasiana dan bahkan sudah langsung mencurahkan pandangan dan gagasannya.
Pada tanggal 1 September 2008, Kompasiana mulai online sebagai blog jurnalis. Pada perjalanannya, Kompasiana berkembang menjadi Social Blog atau blog terbuka bersama para jurnalis harian Kompas dan Kompas Gramedia (KG) serta beberapa orang penulis tamu dan artis. Antusiasme para blogger dan netizen untuk ikut ngeblog di Kompasiana sangat besar sehingga dibuatkan satu menu khusus bernama Public. Pada 22 Oktober 2008, Kompasiana sebagai Social Blog resmi diluncurkan.
Dan baru satu tahun berjalan, Kompasiana telah mengalami perubahan besar-baik dari segi tampilan maupun format dan konsep keseluruhan. Dari sebatas jaringan blog jurnalis menjadi sebuah bentuk Social Media baru yang bisa diakses dan dikelola oleh semua orang. Termasuk Anda.

Kekurangan dari kompasiana
·         Harus mendaftar jika ingin menulis di kompasiana.
·         Harus mendaftar jika ingin memberikan komentar.
Kelebihan Kompasiana
·         Merupakan salah satu Citizen Journalism terbesar di Indonesia.
·         Dapat menulis apapun yang diinginkan kompasianer.
Manfaat dari Kompasiana
·         Masyarakat dapat mendapatkan info yang tidak terliput oleh jurnalis.

CrowdFunding
Ide adalah istilah yang dipakai baik secara populer maupun dalam bidang filsafat dengan pengertian umum "citra mental" atau "pengertian".
Crowdfunding secara definisi, "praktek mendanai proyek atau usaha dengan mengumpulkan sejumlah kecil uang dari sejumlah besar orang, biasanya melalui internet.“[4]
Apa itu KickStarter
Kickstarter merupakan platform crowdfunding terbesar di dunia. Misinya adalah untuk membantu proyek kreatif menjadi hidup. Sejak diluncurkan, lebih dari 5 juta orang telah mendanai lebih dari 50.000 proyek kreatif, seperti film, musik, pertunjukan panggung, komik, jurnalisme, video game, dan proyek-proyek yang berhubungan dengan makanan.
Cara Daftar
  https://www.kickstarter.com/signup

Kekurangan KickStarter
      Hanya diperuntukan untuk individual yang tinggal di US, UK, Canada, Australia and New
Kelebihan KickStarter
      Mendanai semua proyek inovatif & kreatif seperti film, musik, pertunjukan panggung, komik, jurnalisme, video game, dan proyek-proyek yang berhubungan dengan makanan

Beberapa Project CrowdFunding



Referensi 

Kompasiana, Tentang Kami http://www.kompasiana.com/about Kompasiana,
Sekilas Sejarah http://www.kompasiana.com/about#
sekilas-sejarah Forbes, What Is Crowdfunding And How Does It Benefit The Economy http://www.forbes.com/sites/tanyaprive/2012/11/27/what-is-crowdfunding-and-how-does-it-benefit-the-economy/
http://www.kickstarter.com/projects/jeffchow/ctrl-console-creativity-unleashed http://www.indiegogo.com/projects/sticknfind-bluetooth-powered-ultra-small-location-stickers https://www.thunderclap.it/projects/2931-phonebloks

0 komentar:

Posting Komentar