Kecerdasan buatan atau
Artificial Intelligence adalah
salah satu bagian dari ilmu komputer yang membuat mesin (komputer) dapat
melakukan pekerjaan seperti manusia dan komputer dimungkinkan untuk dapat
berfikir. Salah satu unsur yang berperan penting dalam sebuah game adalah
kecerdasan buatan. Dengan kecerdasan buatan, elemen-elemen dalam game dapat
berperilaku sealami mungkin layaknya manusia.
Game AI adalah
aplikasi untuk memodelkan karakter yang terlibat dalam permainan baik sebagai
lawan, ataupun karakter pendukung yang merupakan bagian dari permainan tetapi
tidak ikut bermain (NPC = Non Playable Character). Peranan kecerdasan buatan
dalam hal interaksi pemain dengan permainan adalah pada penggunaan interaksi
yang bersifat alami yaitu yang biasa digunakan menusia untuk berinteraksi
dengan sesama manusia. Contoh media interaksi ialah:
- Penglihatan (vision)
- Suara (voice), ucapan (speech)
- Gerakan anggota badan ( gesture)
Orang-orang
mengeluh bahwa "AI" dalam istilah "permainan AI"
melebih-lebihkan nilainya, karena permainan AI bukan tentang kecerdasan
melainkan beberapa tujuan dari bidang akademik AI. Sedangkan "nyata"
AI membahas bidang pembelajaran mesin, pengambilan keputusan berdasarkan input
data sewenang-wenang, dan bahkan tujuan akhir dari AI kuat yang dapat alasan,
"permainan AI" sering terdiri dari setengah lusin aturan praktis,
atau heuristik yang hanya cukup untuk memberikan pengalaman gameplay yang baik.
Secara historis, akademis proyek game-AI telah relatif terpisah dari produk
komersial karena pendekatan akademis cenderung sederhana dan non-scalable.
Commercial permainan AI telah mengembangkan menetapkan sendiri alat, yang sudah
cukup untuk memberikan kinerja yang baik dalam banyak kasus.
Meningkatnya
kesadaran pengembang game AI akademik dan minat yang tumbuh dalam permainan
komputer oleh masyarakat akademik yang menyebabkan definisi apa yang dianggap
sebagai AI dalam game menjadi kurang istimewa. Namun demikian, perbedaan yang
signifikan antara domain aplikasi yang berbeda dari AI berarti bahwa permainan
AI masih dapat dilihat sebagai subfield berbeda AI. Secara khusus, kemampuan
untuk secara sah memecahkan beberapa masalah AI di game oleh kecurangan
menciptakan perbedaan penting. Misalnya, menyimpulkan posisi obyek tak terlihat
dari pengamatan masa lalu bisa menjadi masalah sulit ketika AI diterapkan untuk
robotika, tetapi dalam permainan komputer NPC hanya dapat mencari posisi di
permainan adegan grafik. kecurangan tersebut dapat menyebabkan perilaku yang
tidak realistis dan tidak selalu diinginkan. Tapi kemungkinan yang berfungsi
untuk membedakan permainan AI dan menyebabkan masalah baru untuk memecahkan,
seperti kapan dan bagaimana menggunakan kecurangan.
Keterbatasan
utama untuk AI yang kuat adalah kedalaman melekat berpikir dan kompleksitas
ekstrim dari proses pengambilan keputusan. Ini berarti bahwa meskipun akan maka
secara teoritis mungkin untuk membuat "pintar" AI, pengambilan masalah
akan mengambil keputusan pemrosesan yang cukup rumit.
Nah, setelah
kita membahas sedikit tentang apa itu AI pada game, saya akan menunjukan
beberapa contoh game yang telah dimainkan atau mungkin masih kita mainnya
sekarang ini. apalagi dulu mungkin banyak yang tahu tentang game pacman,
bomberman dan juga tic tac toe. rasanya seperti nostalgia kemasa kecil dahulu
yaa. sebagai contoh saya akan menjelaskan beberapa game yang dibuat menggunakan
AI, sebagai berikut.
TOWER DEFENSE
Tower defense adalah
sebuah genre game dimana tugas kalian adalah mencegah musuh untuk mencapai
tujuannya. Kalian akan dibekali dengan berbagai macam alat atau pasukan yang
mempunyai kegunaan masing-masing. nah ini dia genre game yang paling saya sukai
dahulu ketika saya masih smp. pasti tahu tentang dota 1 kan, atau juga
disebut Defense of the Ancients. itu adalah awalnya dota berawal dan
hingga sekarang masih banyak yang memainkan.
FPS (First Person Shooter)
Game First Person
Shooter (fps) adalah salah satu jenis game (genre) yang digemari
menggunakan pandangan orang pertama di mana pemain seolah-olah menjadi karakter
utama dalam game yang berpusat pada permainan di sekitar senjata-senjata dan
peluru tempur. First Person Shooter jenis 3D game shooter yang
menampilkan orang pertama sudut pandang dengan pemain yang melihat aksi melalui
mata karakter permain. Tidak seperti orang ketiga penembak yang terlihat dari
bagian belakang atau samping, yang memungkinkan gamer untuk melihat karakter
mereka mengendalikan. Elemen desain utama adalah pertempuran, terutama yang
melibatkan senjata api. Orang jujur pertama dapat dianggap sebagai genre yang
berbeda dalam dirinya sendiri, atau jenis permainan penembak, pada gilirannya
sebuah subgenre yang lebih luas permainan aksi genre.
RPG GAME
Role Playing Game
(RPG) atau permainan peran adalah permainan di mana player memainkan tokoh
peran khayalan dan berkolaborasi untuk melanjutkan ceritanya. Jadi, game ini
para pemain memilih aksi tokok-tokoh mereka berdasarkan karakteristik tokoh
tersebut, dan keberhasilan aksi mereka tergantung dari sistem peraturan
permainan yang telah ditentukan. Asal tetap mengikuti peraturan yang
ditetapkan, para pemain bisa berimprovisasi membentuk arah dan hasil akhir
permainan ini.
KESIMPULAN
Menurut pendapat
saya, peranan AI dalam dunia game sangatlah membantu kita dalam memainkan suatu
game dengan genre yang kita sukai, saking pentingnya peranan AI bisa jadi
melatih kita agar lebih termotivasi agar lebih bisa melebihi AI yang sulit.
Jadi keberadaan AI dalam teknologi game sangat lah membantu. Yang pertama AI
dapat menjadi lawan bermain yang cukup tangguh. Lalu yang kedua AI dapat
melatih otak kita untuk berpikir keras lagi dalam menyelesaikan game yang kita
mainkan. Dengan adanya AI kita juga tidak perlu repot untuk mencari lawan
bermain jika memang kita sedang tidak ada lawan bermain. Sebagai contoh kita
dapat bermain Counter Strike dimana yang menjadi musuh kita merupakan Bot
(komputer) yang memiliki kecerdasan yang cukup tinggi. Dia dapat menemukan
pemain lalu menyerangnya.
Sumber :
https://asywitri.wordpress.com/2010/03/03/30/
https://en.wikipedia.org/wiki/Artificial_intelligence_(video_games)
http://rafiqamalyah.blogspot.co.id/2013/05/kecerdasan-buatan-pada-teknologi-game.html
http://www.eocommunity.com/Pengertian-Game-RTS-FPS-RPG-MMORPG-Hybrid-dan-3rd-Person-Shooter
0 komentar:
Posting Komentar