Jumat, 15 April 2016

Mobile Computing Dan Aplikasinya

Pengertian
Mobile Computing adalah sebuah paradigma baru dalam kemajuan teknologi yang dapat melakukan komunikasi dengan jaringan  nirkabel sehingga user mampu melakukan perpindahan.
Kelas tertentu dalam sistem terdistribusi dimana beberapa node dapat bergerak bebas dan melakukan koneksi pada jaraingan yang berbeda.

Prinsip/cara kerja dari mobile computing
Secara singkat, mobile computing berarti menyatukan seluruh sumberdaya TI ke dalam sekumpulan layanan yang bisa digunakan secara bersama-sama untuk memenuhi kebutuhan komputing perusahaan. Infrastruktur mobile computing secara kontinyu menganalisa permintaan terhadap sumberdaya dan mengatur suplai untuk disesuaikan terhadap permintaan tersebut. Dimana data disimpan atau computer mana yang memproses permintaan tidak perlu dipikirkan. Sebagaimana arus listrik; untuk memanfaatkannya, tempat pembangkit atau bagaimana proses pengkabelan jaringan listrik tidak perlu diketahui. Dalam menyelesaikan masalah system monolitik dan sumberdaya yang terfragmentasi, mobile computing bertujuan menciptakan keseimbangan antara pengaturan suplai sumberdaya dan kontrol yang fleksibel
Dua prinsip kerja utama mobile computing yang membedakannya dari arsitektur komputasi yang lain, seperti mainframe, klien-server, atau multi-tier yaitu virtualisasi dan provisioning.
  •  Virtualisasi 

Setiap sumberdaya (contoh komputer, disk, komponen aplikasi dan sumber informasi) dikumpulkan bersama-sama menurut jenisnya, lalu disediakan bagi konsumen (orang atau program software). Virtualisasi berarti meniadakan koneksi secara fisik antara penyedia dan konsumen sumberdaya, dan menyiapkan sumberdaya untuk memenuhi kebutuhan tanpa konsumen mengetahui bagaimana permintaannya bisa terlayani.
  • Provisioning 

Ketika konsumen meminta sumberdaya melalui layer virtualisasi, sumberdaya tertentu di belakang layer didefinisikan untuk memenuhi permintaan tersebut, dan kemudian dialokasikan ke konsumen. Provisioning sebagai bagian dari mobile computing berarti bahwa system menentukan bagaimana cara memenuhi kebutuhan konsumen seiring dengan mengoptimasi jalannya sistem secara keseluruhan.

Perangkat Mobile Computing
  • Laptop 

Merupakan komputer portabel, kecil dan dapat dibawa kemana saja dengan sangat mudah yang terintegrasi pada sebuah casing. Berat laptop berkisar dari 1 sampai 6 kilogram tergantung ukurannya, bahan dan spesifikasi. Sumber listrik berasal dari baterai atau A/C adaptor yang dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai dan untuk menyalakan laptop itu sendiri. Laptop kegunaannya sama dengan Komputer desktop, yang membedakannya hanya ukuran sehingga memudahkan pemakai untuk membawanya kemana-mana.
  • PDA(Personal Digital Assistants) 

Adalah sebuah alat elektronik yang berbasis komputer dan berbentuk kecil serta dapat dibawa kemana-mana.  Menurut  sepengetahuan saya PDA banyak digunakan sebagai pengorganisir pribadi pada awalnya, tetapi karena perkembangannya, kemudian bertambah banyak fungsi kegunaannya, seperti kalkulator, penunjuk jam dan waktu, permainan komputer, pengakses internet, penerima dan pengirim surat elektronik (e-mail), penerima radio, perekam video, dan pencatat memo. Selain dari itu dengan PDA (komputer saku) ini, kita dapat menggunakan buku alamat dan menyimpan alamat, membaca buku-e, menggunakan GPS dan masih banyak lagi fungsi yang lain. Bahkan versi PDA yang lebih canggih dapat digunakan sebagai telepon genggam, aksesinternetintranet, atau extranet lewat Wi-Fi atau Jaringan Wireless. Salah satu ciri khas PDA yang paling utama adalah fasilitas layar sentuh
  • SmartPhone 

Adalah ponsel yang menawarkan kemampuan canggih, boleh dikata kemampuannya menyerupai kemampuan PC (komputer). Umumnya suatu ponsel dikatakan sebagai smartphone bila dapat berjalan pada software operating system yang lengkap dan memiliki interface dan platform standar bagi pengembang aplikasi. Sementara itu ada yang mengatakan smartphone adalah ponsel sederhana dengan fitur canggih seperti kemampuan mengirim dan menerima email, menjelajah internet dan membaca e-book, built in full keyboard atau external USB keyboard,atau memiliki konektor VGA. Dengan kata lain, smartphone adalah miniatur komputer dengan kemampuan ponsel .

Kelebihan Mobile Computing
  • Aplikasi yang luas
  • Bergerak/berpidah lokasi secara bebas
  • Bebas berpindah jaringan
Kekurangan Mobile Computing
  • Minimnya Bandwith
Akses internet pada peralatanini lambat jika dibandingkan dengan akses dengan kabel, akan tetapi dengan menggunakan teknologi GPRS, EDGE dan jaringan 3G, LAN Nirkabel berkecepatan tinggi tidak terlalu mahal tetapi memiliki bandwith terbatas.
  • Konsumsi tenaga
Mobile computing sangat bergantung pada daya tahan baterai.
  • Gangguan Transmisi
Jarak dengan pemancar sinyal dan cuaca sangat mempengaruhi transimis data pada mobile computing.
  • Potensi Terjadinya Kecelakaan
Beberapa kecelakaan akhir2 ini kerap disebabkan oleh pengendara yang menggunakan peralatan mobile computing saat berkendara.

Aplikasi Mobile Computing
Waze
Di kota-kota besar di Indonesia, terutama di Jakarta, kemacetan adalah masalah yang tidak pernah usai. Dan ditambah dengan sulitnya mencari sebuah lokasi yang belum pernah dikunjungi sebelumnya (akibat luasnya ukuran kota dan rumitnya sistem jalan raya yang ada), maka bepergian dengan kendaraan pribadi adalah sebuah kegiatan yang memerlukan persiapan dan antisipasi tersendiri.
Tapi, dengan semakin canggihnya teknologi saat ini, masalah seperti itu bisa diatasi cukup dengan membawa sebuah smartphone dan meletakkannya di dekat Anda. Dan itulah hal yang Anda perlukan untuk menggunakan Waze saat berkendara. Waze sendiri adalah aplikasi yang membantu Anda mencari rute, memandu Anda mengikuti rute tersebut ketika berkendara, serta melaporkan kondisi lalu lintas di sekitar Anda dan di rute yang akan Anda tempuh secara real-time.
Navigasi dan pencarian rute yang dimiliki Waze pada menu “navigate” sangat mudah dan bisa memenuhi kebutuhan Anda dengan cepat. Untuk mencari rute tempat-tempat yang akan sering Anda kunjungi seperti rumah atau kantor, Anda bisa menyimpan alamat atau lokasinya sejak awal untuk kemudian diakses kapan saja Anda mau. Anda juga bisa menambahkan lokasi-lokasi lainnya untuk bisa diakses secara cepat.
Selain itu, Anda juga bisa mencari rute lokasi tertentu berdasarkan kategori yang ada pada menu tersebut. Kategori yang disediakan antara lain pom bensin, tempat parkir, bank atau ATM, bengkel, dan semua kategori yang memang sering Anda cari dan butuhkan. Ini tentunya sangat membantu karena terkadang penduduk kota besar cenderung tidak tahu sebuah alamat dan rute sebuah tempat secara persis.
Yang unik dari menu navigasi ini, Anda juga bisa mengetahui lokasi teman yang ingin Anda jemput dengan mengirimkan SMS atau email kepada teman Anda. Setelah di-klik, maka Anda akan diberikan lokasi dan rute menuju lokasi teman Anda, sementara teman Anda bisa memantau perjalanan Anda secara real-time.
Oh, dan jika Anda ingin sedikit berpetualang dan bosan dengan rute yang itu-itu saja, Waze menyediakan rute alternatif untuk mencapai sebuah lokasi. Perubahan rute ini juga bisa dilakukan di tengah perjalanan jika Anda melihat terjadinya masalah di rute yang Anda tempuh saat itu.
Setelah mendapatkan rute yang sesuai, Anda tinggal meletakkan smartphone Anda dengan speaker dan aplikasi Waze yang tetap aktif, dan mengikuti instruksi suara dari aplikasi ini.
Tapi, fitur yang membuat Waze menarik dan sangat berguna adalah pengawasan kondisi lalu lintasnya. Dan sesuai dengan tagline-nya, ”outsmarting traffic, together”, semua laporan kondisi lalu lintas tersebut berasal dari Anda dan pengguna lainnya.
Pada peta Waze, Anda akan melihat berbagai icon dan warna pada jalan. Jika jalan tersebut berwarna merah, orange, atau kuning, itu berarti jalan tersebut sedang macet dengan merah menandakan macet parah dan kuning menandakan macet yang ringan. Warna tersebut tercipta dari kecepatan tiap pengguna ketika berkendara menggunakan Waze, dan dilacak oleh sistem Waze sendiri.
Selain warna, pada peta juga terdapat berbagai macam icon, terutama icon mobil berbaris.Icon tersebut adalah laporan langsung yang dimasukkan oleh pengguna ketika dalam perjalanan. Jika Anda juga ingin melaporkan kondisi jalan yang Anda tempuh, Anda juga bisa melaporkannya melalui pilihan “report” yang tersedia di pojok kanan bawah. Pada “report”, Anda bisa memilih laporan Anda antara lain1:
  • Traffic Jam, melaporkan kemacetan pada lokasi Anda. Tingkat kemacetannya bisa dilaporkan dalam tiga tingkat: moderateheavy, atau standstill.
  • Police, melaporkan bahwa ada polisi yang terlihat ataupun tersembunyi di lokasi Anda.
  • Accident, melaporkan kecelakaan besar (major accident) atau kecelakaan kecil (minor accident) di lokasi Anda.
  • Hazard, melaporkan adanya kerusakan atau masalah pada jalan (on road) atau bahu jalan (shoulder), atau cuaca buruk pada lokasi Anda.
  • Camera, melaporkan bahwa ada kamera CCTV untuk menangkap kecepatan (speed), kamera pada lampu merah (red light), dan kamera palsu (fake).
  • Closure, melaporkan adanya penutupan jalan. Anda bisa melaporkan secara detil arah jalan mana yang ditutup, dan sistem Waze akan menyimpannya dan menyesuaikan pembuatan rute mereka.
Ya, laporan yang Anda bisa berikan sangatlah detil. Sebagian pilihan laporan tersebut bahkan bisa disertakan informasi apakah kejadian yang dilaporkan terjadi di ruas jalan Anda atau ruas jalan lainnya, memasukkan teks, dan bahkan memasukkan gambar (jika Anda memang sempat melakukannya). Selain itu, Anda juga bisa melaporkan masalah peta pada Waze, dan juga mengajak pengguna lain chatting. Tapi saya ragu Anda mau membahayakan hidup Anda dengan chatting di saat berkendara.
Untuk melihat laporan-laporan yang ada di jalan ini, Anda bisa melakukannya dengan dua cara. Yang pertama adalah dengan melihatnya langsung pada peta. Yang kedua adalah melihatnya pada menu “report” (pada pilihan menu, bukan pojok kanan bawah aplikasi). Dalam menu ini Anda bisa melihat semua laporan yang ada di sekitar Anda, atau hanya laporan yang ada di rute yang Anda tempuh.

Referensi


0 komentar:

Posting Komentar