Senin, 23 Maret 2015

Resume Pertemuan Kedua Sistem Keamanan Komputer

Aspek Keamanan Komputer
Menurut Garfinkel [Simson Garfinkel, “PGP: Pretty Good Privacy,” O’Reilly & Associates, Inc, 1995 ]
1.      Privacy / Confidentiality
Pada aspek ini kita berbicara tentang pengamanan informasi dari pihak-pihak yang tidak berhak mengakses informasi yang kita miliki. Berbicara mengenai privasi berarti membahas tenang data-data yang bersifat pribadi milik seseorang . Contohnya seperti email seseorang tentunya tidak boleh dibaca oleh administrator pada jaringan tersebut karena berkaitan dengan aspek privasi user tersebut meskipun sangat mudah sebenarnya untuk seorang administrator untuk mengetahui data-data seseorang. Selanjutnya kita bahas tentang Confidentiality. Confidentiality berhubungan dengan data yang diberikan ke pihak lain untuk keperluan tertentu dan hanya diperbolehkan untuk keperluan tertentu. Contohnya adalah data-data yang bersifat pribadi seperti nama, tanggal lahir, nomor jaminan sosial , nomor kartu kredit dan banyak lagi. Data-data tadi harus bisa diproteksi dalam penggunaan dan penyebarannya. Bentuk Serangan yang bisa terjadi biasanya adalah sniffer atau penyadapan. Untuk meningkatkan pengamanannya dapat menggunakan kriptografi
2.      Integrity
Aspek ini berkaitan dengan integritas suatu informasi. Informasi tidak boleh diubah tanpa seijin pemilik informasi tersebut. Contoh kasusnya seperti pengubahan jumlah uang milik nasabah pada bank. Bentuk serangan yang terjadi biasanya menggunakan Trojan horse atau virus, namun biasa juga dimana suatu pihak menyamar dan menempatkan diri ditengah-tengah atau yang lebih dikenal dengan man in the middle.
3.      Authentication
Authentication atau autentikasi adalah metode untuk menyatakan bahwa informasi betul-betul asli, atau orang yang mengakses atau memberikan informasi merupakan orang yang dimaksud.
4.      Availibility
Aspek Availibility berhubungan dengan ketersediaan suatu informasi ketika dibutuhkan.
5.      Access Control
Access Control berhubungan dengan pengaturan akses kepada informasi. Berhubungan dengan aspek privacy dan juga authentication.
6.      Non Repudiation
Aspek ini berkaitan dengan cara agar user tidak dapat menyangkal telah melakukan sebuah transaksi. Sangat diperlukan dalam E-Commerce.

Beberapa Jenis Serangan
1.      Serangan untuk mendapatkan akses
Contoh
·         Menebak Password
Ada dua metode biasanya digunakan yaitu Brute force da dictionary attack. Brute force adalah suatu metode untuk menebak password yang caranya dengan mencoba satu persatu kemungkinan yang ada sampai mendapat password yang benar, sedangkan Dictionary adalah metode menggunakan suatu kamus dengan maksud mencari password menggunakan relas-relasi terdekat seperti nama orang, alamat, tempat lahir, tanggal lahir, umur dan sebagainya.
·         Sniffers
Sniffer Paket atau penganalisa paket  yang juga dikenal sebagai Network Analyzers atau Ethernet Sniffer ialah sebuah aplikasi yang dapat melihat lalu lintas data pada jaringan komputer. Dikarenakan data mengalir secara bolak-balik pada jaringan, aplikasi ini menangkap tiap-tiap paket dan kadang-kadang menguraikan isi dari RFC(Request for Comments) atau spesifikasi yang lain. Berdasarkan pada struktur jaringan (seperti hub atau switch), salah satu pihak dapat menyadap keseluruhan atau salah satu dari pembagian lalu lintas dari salah satu mesin di jaringan. Perangkat pengendali jaringan dapat pula diatur oleh aplikasi penyadap untuk bekerja dalam mode campur-aduk (promiscuous mode) untuk "mendengarkan" semuanya (umumnya pada jaringan kabel).
Sniffer paket dapat dimanfaatkan untuk hal-hal berikut:
v  Mengatasi permasalahan pada jaringan komputer.
v  Mendeteksi adanya penyelundup dalam jaringan (Network Intusion).
v  Memonitor penggunaan jaringan dan menyaring isi isi tertentu.
v  Memata-matai pengguna jaringan lain dan mengumpulkan informasi pribadi yang dimilikanya (misalkan password).
v  Dapat digunakan untuk Reverse Engineer pada jaringan.

·         Spoofing
Spoofing adalah Teknik yang digunakan untuk memperoleh akses yang tidak sah ke suatu komputer atau informasi, dimana penyerang berhubungan dengan pengguna dengan berpura-pura memalsukan bahwa mereka adalah host yang dapat dipercaya. Hal ini biasanya dilakukan oleh seorang hacker/ cracker.

Macam-Macam Spoofing :

IP-Spoofing adalah serangan teknis yang rumit yant terdiri dari beberapa komponen. Ini adalah eksploitasi keamanan yang bekerja dengan menipu komputer dalam hubungan kepercayaan bahwa anda adalah orang lain. Terdapat banyak makalah ditulis oleh daemon9, route, dan infinity di Volume Seven, Issue Fourty-Eight majalah Phrack.

DNS spoofing adalah mengambil nama DNS dari sistem lain dengan membahayakan domain name server suatu domain yang sah.

Identify Spoofing adalah suatu tindakan penyusupan dengan menggunakan identitas resmi secara ilegal. Dengan menggunakan identitas tersebut, penyusup akan dapat mengakses segala sesuatu dalam jaringan.

Contoh Web Spoofing :

Web Spoofing melibatkan sebuah server web yang dimiliki penyerang yang diletakkan pada internet antara pengguna dengan WWW, sehingga akses ke web yang dituju pengguna akan melalui server penyerang. Cara seperti ini dikenal dengan sebutan “man in the middle attack” [2,5]. Hal ini dapat terjadi dengan beberapa jalan, tapi yang paling mungkin adalah :

Akses ke situs web diarahkan melalui sebuah proxy server : ini disebut (HTTP) application proxy. Hal ini memberikan pengelolaan jaringan yang lebih baik untuk akses ke server. Ini merupakan teknik yang cukup baik yang digunakan pada banyak situs-situs di internet, akan tetapi teknik ini tidak mencegah Web Spoofing.
Seseorang menaruh link yang palsu (yang sudah di-hack) pada halaman web yang populer.
Kita menggunakan search engine (mesin pencari, seperti Yahoo, Alta Vista, Goggle) untuk mendapatkan link dari topik yang ingin dicari. Tanpa kita ketahui, beberapa dari link ini telah diletakkan oleh hacker yang berpura-pura menjadi orang lain. Seperti, pencarian untuk situs bank memberikan salah satu hasil http://www.kilkbca.com, sayangnya kita mungkin tidak mengetahui bahwa URL sebenarnya dari Bank BCA adalah http://www.klikbca.com
Kita menggunakan browser mengakses sebuah Web. Semua yang ada pada NET (baik Internet maupun Intranet) direferensikan dengan Universal Resource Locator(URL). Pertama-tama penyerang harus menulis-ulang URL dari halaman web yang dituju sehingga mereka mengacu ke server yang dimiliki penyerang daripada ke server web yang sebenarnya. Misalnya, server penyerang terletak di www.attacker.com, maka penyerang akan menulis-ulang URL dengan menambahkan http://www.attacker.com didepan URL yang asli.

-Man in the middle

Man in The  Middle Attack atau MITM attack adalah serangan dimana attacker berada di tengah bebas mendengarkan dan mengubah percakapan antara dua pihak. Serangan Man in The Middle merupakan suatu tipe serangan yang memanfaatkan kelemahan Internet Protocol.

Serangan Man-In-The-Middle sering disingkat MITM di kriptografidan keamanan komputer adalah bentuk aktif menguping di mana penyerang membuat koneksi independen dengan korban dan pesan relayantara mereka, membuat mereka percaya bahwa mereka berbicara langsung satu sama lain melalui koneksi pribadi, padahal sebenarnya seluruh percakapan dikendalikan oleh penyerang. Penyerang harus mampu mencegat semua pesan terjadi antara kedua korban dan menyuntikkan yang baru, yang langsung dalam banyak keadaan (misalnya, seorang penyerang dalam jangkauan penerimaan terenkripsi Wi-Fi jalur akses nirkabel , dapat menyisipkan dirinya sebagai seorang Man-In-The-Middle.

Konsep dasar serangan ini secara umum adalah penyerang berada ditengah – tengah atau diantara dua komputer yang sedang berkomunikasi, sehingga secara teknis memungkinkan penyerang untuk melihat, mengubah dan mengontrol data yang dikirim antar dua komputer tersebut, mesin penyerang secara fisik tidak harus terletak diantara dua computer, namun rute paket yang dikirimkan atau ditujukan kepada host lain harus melalui mesin penyerang

2.      Serangan untuk melakukan modifikasi

Setelah mendapatkan akses, kemudian merubah data secara tidak sah. Contohnya :
-Pengubahan nilai pada mata kuliah
-Penghapusan data hutang di bank
-Mengubah tampilan situs web

3.      Serangan untuk menghambat penyedia layanan

Menghambat penyedia layanan dengan cara mengganggu jaringan komputer. Contohnya :

Denial of Services Attack (DoS)

Serangan DOS  ( Denial – Of - Service attacks ) adalah jenis serangan terhadap sebuah komputer atau server di dalam jaringan internet dengan cara menghabiskan sumber (resource) yang dimiliki oleh komputer tersebut sampai komputer tersebut tidak dapat menjalankan fungsinya dengan benar sehingga secara tidak langsung mencegah pengguna lain untuk memperoleh akses layanan dari komputer yang diserang ȚersebuȚt.

Dalam sebuah serangan Denial of Service, si penyerang akan mencoba untuk mencegah akses seorang pengguna terhadap sistem atau jaringan dengan menggunakan beberapa cara, yakni sebagai berikut:

Membanjiri lalu lintas jaringan dengan banyak data sehingga lalu lintas jaringan yang datang dari pengguna yang terdaftar menjadi tidak dapat masuk ke dalam sistem jaringan. Teknik ini disebut sebagai traffic flooding.

Membanjiri jaringan dengan banyak request terhadap sebuah layanan jaringan yang disedakan oleh sebuah host sehingga request yang datang dari pengguna terdaftar tidak dapat dilayani oleh layanan tersebut. Teknik ini disebut sebagai request flooding.

Mengganggu komunikasi antara sebuah host dan kliennya yang terdaftar dengan menggunakan banyak cara, termasuk dengan mengubah informasi konfigurasi sistem atau bahkan perusakan fisik terhadap komponen dan server.

Bentuk serangan Denial of Service awal adalah serangan SYN Flooding Attack, yang pertama kali muncul pada tahun 1996 dan mengeksploitasi terhadap kelemahan yang terdapat di dalam protokol Transmission Control Protocol (TCP). Serangan-serangan lainnya akhirnya dikembangkan untuk mengeksploitasi kelemahan yang terdapat di dalam sistem operasi, layanan jaringan atau aplikasi untuk menjadikan sistem, layanan jaringan, atau aplikasi tersebut tidak dapat melayani pengguna, atau bahkan mengalami crash. Beberapa tool yang digunakan untuk melakukan serangan DoS pun banyak dikembangkan setelah itu (bahkan beberapa tool dapat diperoleh secara bebas), termasuk di antaranya Bonk, LAND, Smurf, Snork, WinNuke, dan Teardrop.

Meskipun demikian, serangan terhadap TCP merupakan serangan DoS yang sering dilakukan. Hal ini disebabkan karena jenis serangan lainnya (seperti halnya memenuhi ruangan hard disk dalam sistem, mengunci salah seorang akun pengguna yang valid, atau memodifikasi tabel routing dalam sebuah router) membutuhkan penetrasi jaringan terlebih dahulu, yang kemungkinan penetrasinya kecil, apalagi jika sistem jaringan tersebut telah diperkuat.


Mail Bomb

Biasanya serangan ini adalah serangan spam, yang terjadi pada E-mail seseorang, yang terus menerus diberikan spam sehingga semakin berat dalam memuat tampilan pada E-mail.

Aspek Ketidak Amanan

Berkaitan dengan aspek security diatas, menurut W Stallings ada beberapa kemungkinan serangan terhadap keamanan sistem informasi, yaitu :

·                     Interruption => Perangkat sistem menjadi rusak atau tidak tersedia. Serangan ditujukan kepada ketersediaan (availability) dari sistem. Contoh serangan adalah “denial of service attack”.
·                     Interception => Pihak yang tidak berwenang berhasil mengakses aset atau informasi. Contoh dari serangan ini adalah penyadapan (wiretapping).
·                     Modification => Pihak yang tidak berwenang tidak saja berhasil mengakses, akan tetapi dapat juga mengubah (tamper) aset.Contoh dari serangan ini antara lain adalah mengubah isi dari web site dengan pesan-pesan yang merugikan pemilik web site.
·                     Fabrication => Pihak yang tidak berwenang menyisipkan objek palsu ke dalam sistem. Contoh dari serangan jenis ini adalah memasukkan pesan-pesan palsu seperti e-mail palsu ke dalam jaringan komputer.
Menurut G. J. Simons, keamanan informasi adalah bagaimana kita dapat mencegah penipuan (cheating) atau, paling tidak, mendeteksi adanya penipuan di sebuah sistem yang berbasis informasi, dimana
informasinya sendiri tidak memiliki arti fisik.


0 komentar:

Posting Komentar